Contoh Soal Dan Jawaban Penjualan Angsuran

Author:

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanya contoh soal dan jawaban penjualan angsuran, kamu berada di halaman yang tepat. Kami punya sekitar 10 tanya jawab mengenai contoh soal dan jawaban penjualan angsuran. Silakan baca lebih lanjut di bawah.

contoh soal  jawaban laporan realisasi anggaran jawaban buku

tolong buatin soal dan pembahasan nya1. penjualan dengan wesel2. penjualan

Pertanyaan: tolong buatin soal dan pembahasan nya
1. penjualan dengan wesel
2. penjualan dengan angsuran​

Jawaban:

emm penjelasannya gimana yah aku lumayan gak ngerti atas soalnya

10. Penjual sayuran setiap hari berjualan keliling menjajakan dagangannya, contoh

Pertanyaan: 10. Penjual sayuran setiap hari berjualan keliling menjajakan dagangannya, contoh tersebut termasuk
Kedalam produksi….
a. langsung
c. Semi langsung
b. tidak langsung
d. Berangsur-angsur​

Jawaban:

Penjual sayuran setiap hari berjualan keliling menjajakan dagangannya, contoh tersebut termasuk

Kedalam produksi….

a. langsung

Penjelasan:

Maaf kalo salah

Apakah laba kotor dari penjualan angsuran dianggap telah direalisasi pada

Pertanyaan: Apakah laba kotor dari penjualan angsuran dianggap telah direalisasi pada saat terjadinya penjualan ataukah harus diakui selama masa kontrak angsuran tersebut?

Jawaban:

dianggap telah direalisasi pada saat terjadinya penjualan

Tugas akuntansi keuangan1. Jelaskan penjualan angsuran2. Masalah yg terdapat dalam

Pertanyaan: Tugas akuntansi keuangan
1. Jelaskan penjualan angsuran
2. Masalah yg terdapat dalam penjualan angsuran
3. Pengakuan akuntansi untuk penjualan angsuran​

Jawaban:

1. Penjualan angsuran adalah penjualan barang dagangan atau jasa yang dilaksanakan dengan perjanjian dimana pembayaran dilakukan secara bertahap atau berangsur di masa yang akan datang.

2.  Pengakuan laba kotor, perhitungan bunga dan angsuran, tukar tambah, pembatalan penjualan angsuran.

3. Pengakuan keuntungan atau laba kotor penjualan angsuran pada penjualan angsuran aktiva tetap dapat dilakukan dengan dua metode yaitu laba kotor diakui pada periode penjualan dan laba kotor diakui secara proporsional sejalan dengan penerimaan kas.

maaf kalau salah 🙂

diminta untuk mencari 2 ( dua ) contoh soal dan

Pertanyaan: diminta untuk mencari 2 ( dua ) contoh soal dan pembahasannya tentang penjualan angsuran

pliss tolong dong kak​

Jawaban:

Penjualan angsuran adalah penjualan barang atau jasa yang dilaksanakan dengan perjanjian dimana pembayaran dilakukan secara bertahap atau berangsur. Biasanya pada saat barang atau jasa diserahkan kepada pembeli, penjual menerima uang muka (down payment) sebagai pembayaran pertama dan sisanya diangsur dengan beberapa kali angsuran. Karena penjualan harus menunggu beberapa periode untuk menagih seluruh piutang penjulannya, maka biasanya pihak penjual akan membebankan bunga atas saldo yang belum diterimanya.

Resiko atas tidak tertagihnya piutang usaha angsuran ini sangat tinggi, mungkin saat akan dilakukan penjualan angsuran telah dilakukan survai atas pembeli dan memperoleh hasil yang baik. Karena penagihan piutang usaha angsuran memakan waktu yang cukup lama (beberapa periode), hal tersebut kemungkinan dapat merubah hasil survai yang telah dilakukan semula terhadap pembeli. Untuk menghindari hal-hal demikian, penjual biasanya akan membuat kontrak jual beli (security agreement), yang memberikan hak kepada penjual untuk menarik kembali barang yang telah di jual dari pembeli.

Untuk mengurangi barang angsuran tersebut dari resiko terbakar atau hilang, pihak penjual dapat menetapkan syarat bagi pembeli agar barang angsuran tersebut diasuransikan untuk kepentingkan pihak penjual. Premi asuransi ditanggung oleh pembeli, jika barang angsuran hilang atau terbakar, pihak asuransi akan membayar ganti rugi kepada penjual dan bukan pembeli. Kadang kala mungkin jiwa dari pembeli diwajibkan oleh penjual untuk diasuransikan dengan premi auransi atas tanggungan si pembeli.

Jadi untuk melindungi kepentingan penjual dari kemungkinan tidak ditepatinya kewajiban-kewajiban oleh pihak pembeli, maka terdapat beberapa bentuk perjanjian atau kontrak penjualan angsuran, sebagai berikut :

Perjanjian penjualan bersyarat (conditional sales contract), di mana barang-barang telah diserahkan, tetapi hak atas barang-barang masih berada di tangan penjual sampai seluruh pembayarannya sudah lunas.

Pada saat perjanjian ditandatangani dan pembayaran pertama telah dilakukan, hak milik dapat diserahkan kapada pembeli, tetapi dengan menggadaikan atau menghipotikan untuk bagian harga penjualan yang belum dibayar kapada si penjual.

Hak milik atas barang-barang untuk sementara diserahkan kepada suatu badan “trust” (trustee) sampai pembayaran harga penjualan dilunasi. Setelah pembayaran lunas oleh pembeli, baru trustee menyerahkan hak atas barang-barang itu kepada pembeli. Perjanjian semacam ini dilakukan dengan membuat akta kepercayaan (trust deed / trust indenture).

Beli sewa (lease-purchase) dimana barang-barang yang telah diserahkan kepada pembeli. Pembayaran angsuran dianggap sewa sampai harga dalam kontrak telah dibayar lunas, baru sesudah itu hak milik berpidah kepada pembeli.

 

Penjualan angsuran dengan bentuk-bentuk perjanjian tersebut di atas dilaksanakan untuk barang-barang tidak bergerak / barang yang bukan barang dagang, seperti : gedung, tanah, dan aktiva-aktiva tetap lainnya. Apabila terjadi tidak dipenuhinya kewajiban-kewajiban oleh pembeli, maka penjual tetap memiliki hak untuk memiliki kembali barang yang dijualnya, tetapi nilainya sisa barang itu mungkin akan lebih rendah dari nilai barang berdasarkan perhitungan yang sesuai dengan perjanjian yang ada sehingga pemilikan kembali tersebut dapat menimbulkan kerugian.

Penjelasan:

semoga bermanfaat

apa yang di maksud dengan penjualan angsuran

Pertanyaan: apa yang di maksud dengan penjualan angsuran

Penjualan angsuran adalah penjualan yang dilakukan dengan perjanjian di mana pembayarannya dilaksanakan secara bertahap.

Penjualan angsuran adalah penjualan yang pembayaranya dibayar dengan cara dicicil

tolong buatin contoh soal tentang bunga tunggal dan angsuran… please…

Pertanyaan: tolong buatin contoh soal tentang bunga tunggal dan angsuran… please…

soal tentang bunga tunggal:
pak adi meminjam uang di bank sebesar RP30.000.000 dengaN bunga 24% pertahun. tentuka bunga yang ditanggung ole pak adi jika akan meminjam selama 6 bulan

hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam penjualan angsuran​

Pertanyaan: hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam penjualan angsuran​

Jawaban:

1. Besarnya pembayaran pertama harus cukup untuk menutupi kemungkinan terjadinya penurunan harga dari barang baru menjadi barang bekas.

2. Jangka waktu pembayaran diantara angsuran yang pertama dengan berikutnya hendaknya tidak terlalu lama.

3.Besarnya pembayaran angsuran periodik harus cukup untuk menutupi kemungkinan terjadinya penurunan nilai barang ada selama jangka waktu pembayaran yang satu dengan pembayaran angsuran berikutnya.

Mian kalo salah yh chingu 🙂

karakteristik penjualan angsuran

Pertanyaan: karakteristik penjualan angsuran

(1)      Pada saat barang-barang diserahkan kepada pembeli, penjual menerima pembayaran pertama sebagian dari harga penjualan
(2)      Sisanya dibayar dalam beberapa kali angsuran. maaf kalo salah

tujuan penjualan angsuran

Pertanyaan: tujuan penjualan angsuran

Untuk mendapatkan Bunga uang dari yang mengangsur ?