Untuk Mengatur Konfigurasi Dial Plan File Yang Perlu Dimodifikasi Adalah

Author:

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanya untuk mengatur konfigurasi dial plan file yang perlu dimodifikasi adalah, kamu berada di halaman yang tepat. Kami punya sekitar 10 tanya jawab mengenai untuk mengatur konfigurasi dial plan file yang perlu dimodifikasi adalah. Silakan baca lebih lanjut di bawah.

konfigurasi ekstensi  dial plan  server softswitch media

1.pengertian ekstensi dan dial plan pada server voip2.konfigurasi ekstensi dan

Pertanyaan: 1.pengertian ekstensi dan dial plan pada server voip
2.konfigurasi ekstensi dan dial plan pada server softswitch​

VoIP adalah sebuah teknologi yang memungkinkan masyarakat untuk melakukan panggilan telepon ataupun video melalui jaringan internet.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan pengertian ekstensi dan dial plan pada server VoIP dan softswitch. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

Pengertian ekstensi dan dial plan pada

A. VoIP

  1. Ekstensi adalah sebuah rangkaian kode yang harus diperiksa oleh server VoIP untuk menentukan perangkat yang dipanggil.
  2. Dial plan adalah fitur pada panggilan VoIP yang memungkinkan panggilan antarperangkat dengan ekstensi.

B. Softswitch

  1. Ekstensi adalah serangkaian instruksi yang akan dijalankan oleh perangkat server berdasarkan tingkat kepentingan atau prioritasnya.
  2. Dial plan adalah sebuah fitur atau perangkat yang difungsikan untuk mengelola panggilan yang dilakukan antarbeberapa perangkat dalam satu jaringan.

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang VoIP:

https://brainly.co.id/tugas/2286763

Detil jawaban

Kelas: SMA

Mata pelajaran: TI

Bab: –

Kode kategori: –

Kata kunci: VoIP

konsep kerja voip, konfigurasi dial plan

Pertanyaan: konsep kerja voip, konfigurasi dial plan

Prinsip kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada Komputer menjadi paket data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan.

Sebutkan kesulitan dalam konfigurasi ekstensi dan dial-plan Server softswitch!

Pertanyaan: Sebutkan kesulitan dalam konfigurasi ekstensi dan dial-plan Server softswitch!

Jawaban:

PKonfigurasi Debian 5 : berfungsi sebagai konfigurasi debian 5 pada VMware, bagi yang belum memiliki silahkan donwload di Debian 5.rar.

ISO Debian 5 : berfungsi sebagai sistem operasi yang akan kita gunakan, silahkan download ISO nya di debian 5.iso

VMware 12 : berfungsi sebagai virtual machine, silahkan download di VMware

enjelasan:

Jelaskan konsep konfigurasi dial plan di server sofwitch

Pertanyaan: Jelaskan konsep konfigurasi dial plan di server sofwitch

Jawaban:

Di dunia telekomunikasi, konfigurasi dial plan adalah pengaturan atau aturan yang digunakan untuk mengarahkan panggilan telepon dari satu titik ke titik lain di dalam sistem VoIP (Voice over Internet Protocol) atau sistem telepon lainnya yang menggunakan softswitch. Softswitch adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai pengendali lalu lintas panggilan dalam jaringan telekomunikasi.

Konfigurasi dial plan sangat penting dalam sistem telekomunikasi karena memungkinkan operator atau administrator jaringan untuk mengatur bagaimana panggilan harus ditangani dan diarahkan di dalam jaringan. Dengan menggunakan konfigurasi dial plan, administrator dapat menentukan bagaimana panggilan harus diteruskan, direlokasi, atau ditolak berdasarkan kriteria tertentu.

Berikut adalah beberapa konsep utama dalam konfigurasi dial plan di server softswitch:

1. **Pola Pencocokan (Pattern Matching):** Dalam dial plan, pola pencocokan digunakan untuk mengidentifikasi jenis panggilan tertentu berdasarkan digit yang dimasukkan oleh pengguna. Pola ini dapat berupa nomor telepon lengkap, awalan nomor, atau karakter lainnya. Misalnya, pola pencocokan mungkin digunakan untuk mengenali panggilan lokal atau internasional berdasarkan digit awalan tertentu.

2. **Rute dan Aksi:** Setelah pola pencocokan berhasil mengidentifikasi jenis panggilan, dial plan menentukan rute dan aksi yang harus diambil untuk panggilan tersebut. Rute ini menunjukkan jalur atau perangkat yang harus digunakan untuk mengarahkan panggilan. Misalnya, panggilan lokal dapat diarahkan ke saluran lokal, sedangkan panggilan internasional dapat diarahkan melalui gateway yang sesuai.

3. **Prioritas:** Dial plan biasanya berisi beberapa aturan yang mungkin cocok dengan satu panggilan. Untuk menentukan aturan mana yang harus diterapkan, dial plan menggunakan prioritas. Prioritas yang lebih tinggi menentukan aturan yang harus diikuti lebih awal dalam proses pencocokan. Jika satu aturan cocok dengan panggilan, dial plan akan menerapkan aturan tersebut tanpa memeriksa aturan lain yang mungkin cocok.

4. **Dampak dan Pembatasan:** Ketika mengkonfigurasi dial plan, perlu mempertimbangkan dampak dan pembatasan dari setiap aturan yang ditetapkan. Terlalu banyak aturan atau pemrosesan yang rumit dapat menyebabkan overhead dan mempengaruhi kinerja sistem.

5. **Transformasi dan Manipulasi Angka:** Dial plan juga dapat digunakan untuk mentransformasi atau memanipulasi angka dalam nomor telepon sebelum mengarahkan panggilan. Misalnya, penggunaan kode akses atau penambahan digit ekstra dapat dilakukan untuk mempersiapkan panggilan untuk dialing plan di jaringan selanjutnya.

6. **Pengelompokan dan Pengorganisasian:** Ketika dial plan kompleks dengan banyak aturan, penting untuk mengelompokkan dan mengorganisir aturan-aturan tersebut agar lebih mudah dikelola dan dipelihara.

Konfigurasi dial plan memungkinkan operator jaringan untuk mengatur sistem telekomunikasi agar dapat berfungsi dengan efisien dan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Dengan mengelola dial plan dengan hati-hati, operator dapat memastikan bahwa panggilan ditangani dengan benar dan diarahkan ke tujuan yang tepat, mengoptimalkan kualitas layanan dan efisiensi jaringan.

Jawaban:

Konfigurasi dial plan pada server softswitch merupakan proses mengatur aturan dan kebijakan untuk mengarahkan panggilan telepon (voice call) yang masuk ke jaringan VoIP (Voice over Internet Protocol) atau layanan telepon berbasis IP. Server softswitch berfungsi sebagai pusat pengendali panggilan yang mengatur bagaimana panggilan tersebut harus diteruskan ke tujuan yang tepat.

Dial plan digunakan untuk mengenali pola nomor telepon tertentu, seperti nomor lokal, nomor nasional, nomor internasional, atau kode area tertentu. Kemudian, berdasarkan pola-pola tersebut, panggilan dapat diteruskan ke destinasi yang diinginkan. Konfigurasi dial plan di server softswitch melibatkan beberapa elemen utama, di antaranya:

1. **Patterns (Pola)**: Setiap dial plan berisi pola-pola numerik atau alfanumerik yang menentukan bagaimana nomor telepon diakui dan diproses. Pola tersebut mungkin mencakup kode area, panjang nomor, atau digit tertentu yang harus cocok agar dial plan diaktifkan.

2. **Routes (Rute)**: Setelah nomor dienali berdasarkan pola, dial plan perlu menentukan rute atau jalur yang harus diambil oleh panggilan tersebut. Ini bisa berupa jalur ke nomor internal dalam jaringan lokal, jalur keluar ke penyedia layanan telekomunikasi, atau pengalihan panggilan ke nomor lain dalam atau luar jaringan.

3. **Gateways (Gerbang)**: Dial plan perlu mengetahui cara menghubungkan panggilan ke jaringan PSTN (Public Switched Telephone Network) atau ke penyedia layanan VoIP eksternal. Untuk itu, server softswitch perlu dikonfigurasi dengan gerbang-gerbang atau gateways yang menghubungkan ke jaringan lain.

4. **Call Handling (Penanganan Panggilan)**: Konfigurasi dial plan juga mencakup bagaimana panggilan harus ditangani dalam situasi tertentu, seperti ketika nomor tidak valid, ketika sambungan sibuk, atau ketika terjadi panggilan konferensi.

5. **Time-based Rules (Aturan Berbasis Waktu)**: Server softswitch juga dapat mengizinkan konfigurasi aturan berbasis waktu, yang memungkinkan panggilan diarahkan ke tujuan yang berbeda berdasarkan jam tertentu atau hari tertentu.

Konfigurasi dial plan yang baik sangat penting untuk menyediakan layanan telepon yang andal, efisien, dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan dial plan yang tepat, panggilan dapat diarahkan dengan akurat, meminimalkan biaya, dan meningkatkan kualitas layanan.

Di file apakah Ekstensi dan Dial Plan pada Server VoIP

Pertanyaan: Di file apakah Ekstensi dan Dial Plan pada Server VoIP di tulis
Toh​

Jawaban:

adalah data client voip, misalnya dari  1 komputer ke komputer 2 dari komputer itu bisa 3 komponen eksensinya dan seterusnya. semua data kan tertulisa dangan sebuah satu file yang setiap kompunen memiliki dan tahapperintah yag tersimpan dalam file tersebuat

Jelaskan konsep konfigurasi dial plan di server sotswitch

Pertanyaan: Jelaskan konsep konfigurasi dial plan di server sotswitch

1. Konfigurasi Data Account Umum [general] —

1. Konfigurasi Data Account Umum [general] –>> context umum,harus ada context=default –>> nama context user port=5060 –>> default port untuk SIP binaddr=0.0.0.0 –>> listen semua ip_addr yg request srvlookup=yes tos=0x18 videosupport=yes 2.Konfigurasi Data Account User / Extensions ;softphone –>> nama atau nomor account [101] (user/extension) type=friend –>> tipe account username=101 –>> login account secret=101 –>> password account host=dynamic –>> host yang menjadi IP PBX,dpt berubah nat=no –>> tanpa NAT dtmfmode=rfc2833 –>> RTP Payload for DTMF Digits, Telephony Tones and Telephony Signals allow=all –>> mode codec, bisa semua jenis codec

1. Konfigurasi Data Account Umum [general] –>> context umum,harus ada context=default –>> nama context user port=5060 –>> default port untuk SIP binaddr=0.0.0.0 –>> listen semua ip_addr yg request srvlookup=yes tos=0x18 videosupport=yes 2.Konfigurasi Data Account User / Extensions ;softphone –>> nama atau nomor account [101] (user/extension) type=friend –>> tipe account username=101 –>> login account secret=101 –>> password account host=dynamic –>> host yang menjadi IP PBX,dpt berubah nat=no –>> tanpa NAT dtmfmode=rfc2833 –>> RTP Payload for DTMF Digits, Telephony Tones and Telephony Signals allow=all –>> mode codec, bisa semua jenis codeccallerid=”sip00”

1. Konfigurasi Data Account Umum [general] –>> context umum,harus ada context=default –>> nama context user port=5060 –>> default port untuk SIP binaddr=0.0.0.0 –>> listen semua ip_addr yg request srvlookup=yes tos=0x18 videosupport=yes 2.Konfigurasi Data Account User / Extensions ;softphone –>> nama atau nomor account [101] (user/extension) type=friend –>> tipe account username=101 –>> login account secret=101 –>> password account host=dynamic –>> host yang menjadi IP PBX,dpt berubah nat=no –>> tanpa NAT dtmfmode=rfc2833 –>> RTP Payload for DTMF Digits, Telephony Tones and Telephony Signals allow=all –>> mode codec, bisa semua jenis codeccallerid=”sip00”–>> id client context=voipkn –>> context jaringan user canreinvite=no –>> mekanisme canreinvite mailbox=101@voipkn –>> username@context

1. Konfigurasi Data Account Umum [general] –>> context umum,harus ada context=default –>> nama context user port=5060 –>> default port untuk SIP binaddr=0.0.0.0 –>> listen semua ip_addr yg request srvlookup=yes tos=0x18 videosupport=yes 2.Konfigurasi Data Account User / Extensions ;softphone –>> nama atau nomor account [101] (user/extension) type=friend –>> tipe account username=101 –>> login account secret=101 –>> password account host=dynamic –>> host yang menjadi IP PBX,dpt berubah nat=no –>> tanpa NAT dtmfmode=rfc2833 –>> RTP Payload for DTMF Digits, Telephony Tones and Telephony Signals allow=all –>> mode codec, bisa semua jenis codeccallerid=”sip00”–>> id client context=voipkn –>> context jaringan user canreinvite=no –>> mekanisme canreinvite mailbox=101@voipkn –>> [email protected] Dial Plan Server Softwitch

Untuk mengkonfigurasi dial plan, edit file extensions.conf dengan mengetik nano /etc/asterisk/extensions.conf. Pastikan bahwa seluruh perintah pada file ini sudah dinon aktifkan. Ketik perintah di bawah ini pada bagian paling akhir dari isi file extensions.conf. ;Dial antar ekstensi pada IP-PBX [voipkn] –>>

Untuk mengkonfigurasi dial plan, edit file extensions.conf dengan mengetik nano /etc/asterisk/extensions.conf. Pastikan bahwa seluruh perintah pada file ini sudah dinon aktifkan. Ketik perintah di bawah ini pada bagian paling akhir dari isi file extensions.conf. ;Dial antar ekstensi pada IP-PBX [voipkn] –>>seluruh dial plan di bawah ini hanya berlaku bagi context „voipkn‟

Untuk mengkonfigurasi dial plan, edit file extensions.conf dengan mengetik nano /etc/asterisk/extensions.conf. Pastikan bahwa seluruh perintah pada file ini sudah dinon aktifkan. Ketik perintah di bawah ini pada bagian paling akhir dari isi file extensions.conf. ;Dial antar ekstensi pada IP-PBX [voipkn] –>>seluruh dial plan di bawah ini hanya berlaku bagi context „voipkn‟exten =>101,1,Dial(SIP/101,20) –>> Dial ext 101 dengan protokol SIP, time out 20 detik

Untuk mengkonfigurasi dial plan, edit file extensions.conf dengan mengetik nano /etc/asterisk/extensions.conf. Pastikan bahwa seluruh perintah pada file ini sudah dinon aktifkan. Ketik perintah di bawah ini pada bagian paling akhir dari isi file extensions.conf. ;Dial antar ekstensi pada IP-PBX [voipkn] –>>seluruh dial plan di bawah ini hanya berlaku bagi context „voipkn‟exten =>101,1,Dial(SIP/101,20) –>> Dial ext 101 dengan protokol SIP, time out 20 detikexten =>101,2,Hangup –>> setelah timeout dilakukan hangup exten =>102,1,Dial(SIP/102,20) exten =>102,2,Hangup

Jawaban:

1. Konfigurasi Data Account Umum [general] –>> context umum,harus ada context=default –>> nama context user port=5060 –>> default port untuk SIP binaddr=0.0.0.0 –>> listen semua ip_addr yg request srvlookup=yes tos=0x18 videosupport=yes 2.Konfigurasi Data Account User / Extensions ;softphone –>> nama atau nomor account [101] (user/extension) type=friend –>> tipe account username=101 –>> login account secret=101 –>> password account host=dynamic –>> host yang menjadi IP PBX,dpt berubah nat=no –>> tanpa NAT dtmfmode=rfc2833 –>> RTP Payload for DTMF Digits, Telephony Tones and Telephony Signals allow=all –>> mode codec, bisa semua jenis codec

callerid=”sip00”

–>> id client context=voipkn –>> context jaringan user canreinvite=no –>> mekanisme canreinvite mailbox=101@voipkn –>> username@context

jelaskan konsep konfigurasi dial plan di server softwitch

Pertanyaan: jelaskan konsep konfigurasi dial plan di server softwitch

Konsep dari konfigurasi dial plan di dalam server softswitch adalah mengedit ekstensi dengan cara mengetik nano pada asterisk dial plan. Ketik perintah “Dial” pada bagian akhir dari file extensions.conf. Setelah itu tunggu selama beberapa detik. Setelah berhasil melakukan dial lakukan hangup, maka konfigurasi telah selesai dilakukan. Jangan lupa sebelum melakukan konfigurasi nonaktifkan dulu semua perintah dalam file ekstensi.

Pembahasan:

Dial plan adalah suatu program yang mengontrol adanya panggilan yang masuk atau keluar. Bukan hanya panggilan dial plan juga mampu menghubungkan antara jaringan sirkuit dengan jaringan paket seperti jaringan telepon tetap (PSTN), internet yang berbasis IP, TV kabel, serta jaringan seluler yang telah ada.  Dial plan mampu merutekan panggilan dari satu server ke server lain tanpa adanya gangguan. Hal ini dikarenakan dial plan mampu mengatur keluar masuknya server di dalam sambungan. Banyak sekali server yang ada saat ini, salah satu contohnya adalah server softswitch. Dial plan yang ada di dalam server softwitch akan mengatur setiap ekstensi untuk menghubungi sesama ekstensi atau dial trunk begitu juga sebaliknya. Dalam membuat dial plan kita harus menetapkan nomor telepon individu atau ekstensi masing-masing pengguna, dengan cara mengedit file extensions.conf yang terletak pada folder /etc/asterisk/.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang cara kerja server softswitch berkaitan dengan pbx https://brainly.co.id/tugas/21616605

2. Materi tentang konsep kerja server softswitch https://brainly.co.id/tugas/8446555

3. Materi tentang prinsip kerja VoIP https://brainly.co.id/tugas/1740321

Detail jawaban

Kelas : IX (SMP)

Mapel : TIK

Bab : Layanan dalam internet

Kode : 9.11.6

 

#TingkatkanPrestasimu #SPJ3

pengertian ekstensi dan dial plan pada server voip, proses kerja

Pertanyaan: pengertian ekstensi dan dial plan pada server voip, proses kerja ekstensi dan dial plan pada server softswitch, konfigurasi ekstensi dan dial plan pada server softswitch dan kelebihan serta kekurangannya?

ekstensi dan dial plan server voip analoginya seperti pabx. ekstensi adalah data client subscriber voip, misal kompie 1 ekstensinya 001, dlsb , sedangkan dialplan adalah bagaimana routing untuk menghubungkan antar ekstensi, bahkan meskipun ekstensi tersebut diluar IP-Pabx.

softswitch itu server switch/trunk berbasis software. intinya dia menyediakan layanan server untuk semua jenis layanan voip: voice, video, data, dlsb. ada dua kelas kelas 4 dan 5. kelas 4 softswitch adalah antar softswitch, class 5 adalah untuk layanan ke end user

konfigurasinya untuk softswitch yang berbayar harus subscribe jadi member berbayar dulu. kelebihannya ada pada layanan dan trouble shooter serta service lainnya tentunya.. kekurangannya? ya bayar 🙂

 

perbedaan antara konfigurasi ekstensi dan dial plan server softwich​

Pertanyaan: perbedaan antara konfigurasi ekstensi dan dial plan server softwich​

Jawaban:

PenjelaExtension adalah sekumpulan perintah yang dijalankan berdasarkan urutan2 dari tingkat prioritasnya.  Berbeda dengan PABX , dimana extension biasanya berasosiasi dengan telepon, interface atau menu. Beberapa perintah, seperti Dial atau GotoIf, mempunyai kemampuan untuk berjalan ke perintah lain berdasarkan kondisinya.san:

Untuk mengkonfigurasi dial plan, edit file extensions.conf dengan  mengetik:

Sebutkan Aturan-aturan Dial Plan ?

Pertanyaan: Sebutkan Aturan-aturan Dial Plan ?

Jawaban:

    Ekstension  adalah label dari extention, berupa sebuah string (angka, huruf, dan simbol) yang harus di evaluasi secara dinamik untuk mencocokkan dengan nomor telepon.

     Ekstensi  adalah sekumpulan perintah untuk dijalankan. Perintah – perintah ini biasanya dijalankan berdasarkan urutan dari tingkat prioritas.

     Dial Plan merupakan aturan dial yang dimanfaatkan oleh extension untuk menghubungi sesama extension atau trunk dan sebaliknya. Dial Plan berfungsi sebagai routing panggilan antar – ekstensi, baik berada dalam satu IP-PBX (lokal) maupun antar IP-PBX, biasa disebut dial trunk.  

   Untuk mengkonfigurasi dial plan, edit file extensions.conf dengan mengetik nano/etc/asterisk/extensions.conf. Pastikan bahwa seluruh perintah pada file ini sudah di non aktifkan. Ketik perintah di bawah ini pada bagian paling akhir dari isi file extensions.conf.

          Dial antar ekstensi pada IP-PBX [tkj] (seluruh dial plan di bawah hanya berlaku bagi context “TKJ”)

Penjelasan:maaf kalau salah